Tips Memilih Web Hosting Website Company Profile

Memilih web hosting untuk website company profile merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan, jangan sampai karena salah memilih web hosting, reputasi perusahaan menjadi taruhannya. website sering down dan sering terjadi kegagalan dalam mengirim email.

semoga tips berikut ini bermanfaat bagi Anda yang sedang memilih milih hosting yang tepat untuk menaruh wajah online perusahaan Anda.

sebelum saya menjelaskan tips-tips berikut, saya akan sedikit mengulas tentang apa itu Website Company Profie, bagi Anda yang jarang mendengar istilah tersebut mungkin akan bertanya-tanya, apa sih Mas Website Company Profile itu.

Website Company Profile itu Makanan Apa Ya?

hahaa… yang pasti bukan kategori makanan cepat saji, Website Company profile adalah website yang berisi content-content profil suatu perusahaan, seperti informasi visi misi perusahaan, informasi produk dan layanan, hingga informasi kontak perusahaan, malah biasanya website company profile itu menyediakan menu khusus untuk karir, artinya informasi tentang rekruitmen pekerjaan di perusahaan tersebut disediakan di website.

Kalau Saya menyebutnya  sih wajah online perusahaan, karena bisa saja, orang-orang yang ingin cari tau tentang perusahaan tersebut, mereka akan mencarinya di internet, jika ternyata website yang ditemukan tidak begitu keren, oke dan Yo’i…, kadang orang bisa saja menilai perusahaan dari segi antarmuka website.masih untung ada websitenya, tapi kalau ternyata tidak punya website, waduh ? ndeso !! hehe… #bercanda

coba cek apakah perusahaan Anda sudah memiliki website ? jika belum, coba kasih saran sama Bos di perusahaan Anda untuk bikin website company profile sekarang juga, cepetan mas..

Ohh.. Anda ternyata adalah Bos nya,  Hubungi saya ya bos. nanti saya bikinin website company profile. tapi kalau Bos pengen tau caranya bikin website dan punya banyak waktu luang, kita ngopi di angkringan aja ya bos, nanti saya ajarin bikin website yang keren sambil ngopi tubruk. setuju bos ??

eh tapi keren dan tidaknya sebuah website company profile bukan sekedar  sebuah desain yang memukau, itu memang penting. tapi lebih penting lagi adalah bagaimana menyajikan navigasi dan content-content informasi perusahaan yang nyaman dibaca dan memiliki interaksi user yang baik, misalnya disediakan kolom formulir kontak atau live chat.

mengenai soal desain website, akan saya ulas lagi di artikel saya setelah ini, karena pada postingan ini saya hanya akan sharing tentang Tips Memilih Web Hosting untuk Website Company Profile.

….woiii Mas, Langsung kasih Tips nya Dong plz Ah !!

Nganu.. oke.. oke.. sabar ya, jadi tips yang pertama ingin saya bagi adalah :

ini dia Tips Memilih Web Hosting untuk Website Company Profile

Kenali Platform dan Teknologi Website

simpel saja, kalau Anda membuat website sendiri pasti tau, platform dan teknologi website yang Anda gunakan, tapi kalau ternyata website perusahaan Anda ini dibuat oleh Vendor atau orang lain, coba tanyakan kepada mereka platform dan teknologinya.

jika platform website anda dibangun dengan basis webserver windows atau bahasa pemrograman .asp, Anda bisa memilih Windows Hosting. tetapi kalau menggunakan platform webserver berbasis linux seperti aplikasi ketiga yang sering digunakan untuk development, contoh : xampp dan menggunakan bahasa pemrograman .php menurut saya lebih tepatnya gunakan Linux Hosting. trus Apa berbedaanya ? ehmmm… ya kapan-kapan saya jelasin.

Pilih Lokasi Server hosting yang tepat

Menurut saya ini adalah opsional bagi Anda yang memiliki website company profile, lokasi server akan menentukan kecepatan akses dan  routing sebuah webserver, apabila Website Anda memiliki target audience secara global, artinya tidak hanya di Indonesia, contoh perusahaan Anda berada di Indonesia, tetapi juga memiliki cabang di luar negeri. Coba pilih server US, karena menurut saya, lokasi server di US akan lebih proposional untuk website Anda, sehingga akses dari luar maupun lokal memiliki kecepatan akses yang sama, tapi itu semua tergantung provider internet masing-masing.

sedangkan kalau Anda memprioritas Audience yang berada di Indonesia, pilih saja lokasi server Indonesia. karena semua Audience yang ada di indonesia akan lebih cepat mengakses  website Anda dibanding harus routing keluar  indonesia. sekali lagi tergantung kecepatan internet dari provider masing-masing.

Pilih Jenis layanan Hosting yang Tepat

Yes, benar. Anda harus memilih jenis layanan hosting yang tepat bagi website company profile, saya sarankan untuk website company profile yang tidak begitu memiliki fitur atau fungsionalitas interaktif dan hanya sekedar informasi content-content profil saja, saya sarankan cukup gunakan layanan Shared Hosting atau Hosting berbagi.

tapi, jika website company profile Anda memiliki fitur interaktif seperti terdapat sistem di dalam website, seperti rekruitmen, email, basisdata dan memiliki konfigurasi khusus. silahkan menggunakan Hosting Dedicated. karena itu lebih cocok dan tepat bagi website Anda.

Pilih Penyedia Hosting Yang Memiliki Manajemen Billing Yang Baik

manajemen billing yang baik itu begini, jika Anda berlangganan hosting ke provider, jangan sampai Anda tidak di ingatkan masa berlaku layanan hosting Anda, alih alih lupa melakukan perpanjangan, data website anda bisa bisa tersapu habis oleh server hosting auto delete. untuk website Company Profile, pilih jangka waktu berlangaanan minimal 2 sampai 3 tahun. karena biasanya harga hosting akan lebih murah.

pilih provider hosting yang memiliki manajemen reminder yang baik, seperti mengingatkan perpanjangan melalui email, telepon, dan sms, whatsapp, bbm, surat. karena website company profile ini adalah milik perusahaan. maka carilah penyedia hosting yang juga memberikan support yang baik pula. agar suatu saat ketika ada pergantian manajemen. Anda tidak kebingungan karena PIC website perushaan Anda sudah resign atau pindah tugas.

jadi kurang lebih begitu ya, sebenernya ada banyak hal yang ingin saya bagi, tapi apalah daya jari saya sudah kriting. jadi silahkan bagi yang ingin bertanya dan berkonsultasi, tinggalkan komentar saja.

semua materi ini adalah hasil dari pengalaman pribadi

semoga bermanfaat.

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.