Tips Memilih Penyedia Jasa Internet di Tahun 2018

Halo semuanya, pada artikel kali ini, saya akan memberikan tips bagaimana memilih penyedia jasa internet di tahun 2018, atau dalam kata lain penyedia internet ini bisa disebut dengan ISP (Internet Service Provider), semua tips yang saya berikan disini berdasarkan pengalaman pribadi dan keluh kesah sahabat saya yang sering mencurahkan kegelisahanya kepada saya.

Tips Memilih Penyedia Jasa Internet di Tahun 2018

 

Tentukan Kebutuhan Internet Anda

Yang perlu Anda ketahui sebelum berlangganan internet, Setidaknya Anda harus tahu kebutuhan Anda kenapa harus menggunakan internet, pada kasus ini bukan internet konsumtif seperti berlangganan paket data internet pada ponsel pintar, tapi kebutuhan internet yang akan mendukung produktifitas Anda, seperti internet untuk kebutuhan kantor, bisnis, atau untuk organisasi.

Manfaat internet itu banyak sekali, jadi Anda perlu tau salah satunya, dalam hal ini adalah sesuatu yang dapat menunjang bisnis, seperti untukĀ  mengirim email, meeting online, browsing situs ataupun untuk video streaming, atau mungkin Anda adalah seorang Gamers, yang memang kerjaanya adalah bermain game online. semua itu bisa Anda tentukan terlebih dahulu sebelum berlangganan internet.

Memilih Paket Internet Yang Sesuai Kebutuhan

Setelah tau kebutuhan internet Anda, Anda perlu memilih paket internet, semua provider internet di indonesia saat ini menyediakan paket internet yang sangat murah dan ekonomis sekali, malahan biasanya mereka memberikan bonus dan paket bundling. Padalal semua itu belum tentu sesuai dengan kebutuhan kita. untuk itu yang perlu Anda tanyakan kepada provider dalam memilih paket internet adalah melihat layanan yang ditawarkan mereka.

Pilihlah paket yang memang sesuai dengan kebutuhan internet Anda, jika Anda lebih suka streaming video dibanding browsing, coba tanyakan kepada provider Anda, apakah mereka memiliki paket layanan internet yang seperti yang Anda butuhkan. atau mungkin Anda butuh internet yang khusus bisa digunakan untuk lancar mengirim email. Anda bisa tanyakan jaminan layanan yang diberikan.

Memilih Kapasitas Bandwidth

Lalu, untuk memilih kapasitas bandwidth, Anda perlu melihat lebih dalam layanan-layanan yang diberikan oleh Provider, Bandwidth yang sangat besar belum tentu kualitasnya baik, kok bisa ? sekarang sudah banyak provider internet yang menyediakan badnwidth yang besar-besar. tapi setelah kita coba ternyata hanya ilusi semata, alias tidak sesuai dengan realita.

Bandwidth yang saya tau adalah kapasitas transfer data dari satu titik ke titik lain dengan satuan umumnya adalah Mbps, oiya dalam memilih kapasitas bandwidth ini, Anda perlu tau ratio, atau bandwidth sharing. ketika Anda memilih paket internet dengan kapasitas bandwidth 200 Mbps, coba tanyakan ke provider Anda ratio yang diberikan, biasanya kapasitas tersebut akan dibagi dengan user yang lain, sehingga kapasitas 200Mbps itu tidaklah murni atau dedicated. tanyakan juga berapa minimum bandwidth download dan upload yang diberikan. biasanya kapasitas besar hanya pada download sedangkan upload mungkin hanya 25% saja.

Pilih Media Instalasi Jaringan Internet

Pada saat ini, semua jaringan internet sudah menggunakan media kabel fiber optic sehingga Anda perlu tanyakan kepada Provider Anda media apa yang digunakan dalam instalasi internet, tapi juga masih banyak area yang memang belum dapat dijangkau oleh fiber optic, biasanya area yang belum bisa dikangkau media kabel bisa menggunakan media wireless.

Pastikan bahwa Provider Anda bisa menyediakan instalasi sampai ke tempat atau rumah Anda. Pilihlah Provider yang bisa menyediakan instalasi kabel fiber optic karena kualitas bandwidth melalui kabel fiber optic lebih bagus dibandingkan dengan wireless. Akan tetapi jika belum bisa menggunakan kabel, pastikan provider Anda juga bisa menyediakan media wireless.

Cek Jaminan Ketersediaan

Pilihkan Provider internet yang memberikan jaminan ketersediaan layanan paling tidak di angka minimum 98,9 % dan paling tinggi 99,9 %, jika ternyata layanan yang diberikan tidak sesuai dengan jaminan yang diberikan, silahkan komplain.

Pilih Support 24 x 7 Hari

Support atau dukungan teknis ini wajib Anda tanyakan kepada Provider Anda, jika Anda mengalami kendala dan masalah pada internet, Anda bisa menghubungi pusat bantuan atau dukungan teknis yang siap sedia selama 24 x 7 hari, pastikan layanan dukungan teknis yang disediakan mudah dan ramah.

Tanyakan After Sales & Services

Jika Anda sudah menemukan provider yang nyaman, tanyakan kepada mereka apakah mereka bisa memberikan layanan yang lebih, seperti menyediakan konten, cara pembayaran yang mudah, mengetahui histori penggunaan internet dan kalau bisa, mintalah kontak personal khusus dari provider untuk lebih banyak komunikasi mengenai kebutuhan internet secara lebih lanjut. biasanya kontak ini adalah marketing.

 

Jika Anda, masih bingun dalam menentukan kebutuhan internet, Anda juga bisa komentar dibawah atau bisa langsung menghubungi saya melalui live chat atau follow akun media sosial saya. semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa bagikan ke teman-teman terdekat Anda. Salam kreatif !!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.