Rangkaian Acara Google I/O Extended 2018 Semarang

Pada posting ini saya akan berbagi tentang keuntungan apa yang saya dapatkan di acara Google I/O Extended 2018 Semarang yang telah diadakan pada minggu lalu tepat tanggal 28 juli 2018 di UDINUS.

Mulai Check-in

pukul 12.30 setelah saya habis sholat dzuhur di masjid kampus, saya langsung menuju ke lantai 7 Gedung H kampus UDINUS, yang menarik pada perjalanan ke lantai 7 adalah tangga gedung menggunakan eskalator. dan ini cukup asyik karena lumayan ga bikin kaki capek.  menariknya setelah sampai di lantai 7 saya disambut dengan standing banner berisi informasi acara Google I/O Extended 2018 Semarang, dan disitu juga sudah ada mas-mas dan mbak-mbak yang sedang mulai bersiap menerima undangan dan registrasi ulang.

Sebelum masuk ke ruangan kita harus mempersiapkan bukti komfirmasi kehadiran yang ada di email, nantinya kita akan diberikan souvenir berupa stiker dan makanan ringan sebelum masuk ke ruangan, dan kita harus menuliskan nama dan asal kita darimana. kebetulan saya mengisinya dengan “Iam Zohan From zohanarispribadi.com” sekalian promosi blog. setelah komplit saya diperbolehkan masuk.

Venue Google I/O Extended 2018 Semarang

Gedung H lantai 7 UDINUS pukul 12.55 saya mulai masuk ke ruangan dan langsung mencari tempat duduk yang berada di tiga baris dari depan yang kebetulan dekat dengan colokan listrik, biar bisa ngecas HP sambil menunggu acara dimulai, tempat duduknya begitu nyaman dan empuk karena kursinya sangat pas dibadan. seperti kursi gaming.

 

Rangkaian Acara Google I/O Extended 2018 Semarang

Acara dimulai aga telat dari jam yang ditentukan, sekitar pukul 13.30 acara mulai dibuka oleh pembicara Patrick Nugros (GDG Semarang) dalam sesi pertamanya tersesbut dia menceritakan tentang pengalamanya mengikuti Google I/O yang diselenggaran di Mountain View USA, pada kesempatan itu juga dia memberikan prosesnya sampai bisa mendapatkan tiket gratis ke Mountain View, selebihnya mas patrick juga menjelaskan tentang kontribusi GDG semarang sehingga dapat mengadakan event ini.

Andrew Kurniadi (Google Developer Expert, Android), pada sesi ini mas Andrew memberitahukan kepada seluruh pendengar tentang fitur terbaru Android Studio dan salah satunya adalah Android Jetpack, pada kesempatan tersebut Mas Andrew berbagi pengalaman tentang bagaimana menjadi seorang Android Developer Expert.

Dennis Alund (Google Developer Expert, Firebase), dari firebase juga berbagi informasi terbaru tentang apa itu firebase dan fitur yang akan dirilis pada bulan september mendatang, Dennis mengatakan bahwa firebase akan menjadi platform yang akan memudahkan developer Android maupun iOS untuk dapat menemukan error dan bug secara lebih cepat. Dennis juga menginformasikan bahwa akan segera rilis fitur terbaru berupa filter searching untuk menemukan log error secara spesifik yang bisa dilakukan seorang developer agar lebih tepat.

Beberapa pembicara lain juga memberikan informasi terbaru yang berhubungan dengan produk-produk google, seperti Flutter, Machine Learning.

Dapat Kaos Gratis berkat hastag #io18 #ioxsmg18 #io18extended

Pada akhir acara, panita mengumumkan siapa yang terpilih mendapatkan swag/souvenir dari Google I/O Extended Semarang, nah ternyata nama saya dipanggil “Zohan Aris” untuk mendapatkan hadiah, tentu saja saya kaget dan tidak menyangka bakal kepilih mendapatkan souvenir ini, setelah sempat naik ke panggung, hadiahnya disuruh milih sendiri, jadi saya memutuskan untuk memilih kaos agar bisa saya pakai kemana-mana.

Semoga posting ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat kalian yang belum sempat mengikuti Google I/O di tahun ini.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.