10 Tool Network Monitoring Komputer Yang Perlu Anda Tahu

Berikut ini adalah sepuluh tool yang sering digunakan oleh adminstrator jaringan komputer perusahaan untuk melakukan network monitoring

1.Ganglia

ini merupakan tool monitoring untuk menampilkan sistem secara keseluruhan dari sebuah mesin. kelebihan dari sistem ini adalah mampu melakukan monitoring server cluster dengan kebutuhan monitoring dan network management. kelebihan utama sistem ini adalah menyediakan analisis bagaimana sistem mesin/komputer dapat bekerjasama-sama.

2. Webmetrics global watch

kelebihan utama tool ini yaitu dapat melakukan diagnosis downtime, error serta memiliki banyak fitur lain. Tool ini juga menyediakan laporan yang lengkap untuk melihat performa jaringan, serta melakukan validasi dan analisis dari PC system yang tersambung ke jaringan.

3. Jacarta

Tool ini merupakan network management untuk sejumlah PC system user. Tool ini dapat menganalisis temperature dengan baik, humidity, water/moisture level dan sejumlah fitur-fitur lain tentang informasi dari sistem PC. Tool ini juga dapat menganalisis kerentanan (vulnerability) dari sistem PC secara akurat.

4. Dot com monitor

Tool ini menyediakan monitoring yang penting dan detail untuk sistem komputer terutama uptime pada server dab performance metric. Tool ini juga menyediakan overview secara ringkas untuk pembuatan analisis laporan, notifikasi dan eskalasi, stress test, melakukan generate analisis error, dan memberi notifikasi ke para engineer.

5. Zenoss

Tool ini bisa dipakai untuk melakukan monitoring commercial server. Tool ini cukup baik dan lengkap untuk sejumlah fitur laporan analytics. Aplikasi dikembangkan dengan coding Phyton. Tool ini cukup sederhana dan mudah digunakan dalam interfacing. selain itu, tool ini mampu memberikan kontrol dan analisis yang tepat dari infrastruktur TI yang sedang dipantau.

6. Applications manager

Tool ini menyediakan berbagai macam utilitas untuk server maintenance dan management yang akan digunakan. Tool ini memiliki fitur untu menampilkan server load, utilitas memori, penggunkaan disk dan layanan yang serupa dalam manajemen infrastruktur TI. Tool ini sangat penting bagi administrator untuk menyelesaikan dan membersihkan bottleneck jaringan komputer.

7. PRTG

Tool ini secara esensial dipakai untuk melakukan network monitoring dan analisis untuk memonitor network bandwidth, pemakaian, dan ketersediaan jaringan termasuk pengukuran aspek-aspek yang terlibat. Versi gratis tool ini hanya dapat digunakan oleh sepuluh sensor monitoring jaringan. Sementara versi berbayarnya menyediakan dukungan pengawasan terhadap jumlah sensor monitoring yang lebih besar.

8. Cacti

Tool ini digunakan untuk network management dan error problem engan memanfaatkan olusi berbasis network graphic untuk berbagai permasalahan yang sering (frequented) muncul di sistem.

9. Zabbix

Tool ini merupakan software berbasis open source untuk melakukan analisis network dan manajemen jaringan. Tool ini hanya untuk memonitor data. Disamping itu, software ini menggabungkan berbagai macam fitur untuk agent-less monitoring, data collection dan mapping berbasis grafik untuk mengatasi problem-problem TI.

10. Nagios

Tool ini merupakan network tool untuk memantau (monitoring) server dan infrastruktur TI. Nagios merupakan tool yang cukup populer untuk monitoring dan sangat terkenal di internet. kelebihan Nagios ada pada formasi budget dan costing, mengurangi error, dan meneyelesaikan berbagai masalah dalam jaringan komputer.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.