Mengenal Copywriting dari Sebuah Meja Kafe

Beberapa bulan lalu saya bertemu dengan mas wahid disebuah kafe, beliau ternyata seorang copywriter, saya yang pada waktu itu hanya nongkrong dan bingung mau ngerjain apa akhirnya basa basi nyletuk bertanya pada mas mas yang lagi duduk sambil nulis sesuatu di meja. “Boleh duduk disini Mas?” tanya saya karena pada saat itu kafe lagi ramai dan saya masih antri pesan kopi. “silahkan mas” jawab Mas wahid.

“lagi nungguin temen Mas?” tanya saya basa basi sambil nungguin pesenan juga, “Tidak mas, ini lagi nongkrong aja sambil ngerjain tugas” jawab mas wahib, dari respon awal saya merasa mas mas ini welcome, jadi saya coba bertanya lagi “Lagi nulis apa Mas ?” tanya saya. “Oh.. ini lagi bikin copy?” jawab mas wahid sambil merendah.

“Btw, lagi bikin resep kopi apa mas ?” pertanyaan serius saya, “Hahaha…bukan mas, ini lagi nulis buat materi copywriting” jawab mas wahid, “Lha tadi saya dengar nulis kopi kopi gitu mas “, “bukan kopi pakai K, tapi pake C, Copy, ini tulisan untuk menawarkan produk dan jasa klo tekniknya namanya copywriting ” mas wahid menjelaskan singkat soal copywriting.

“hahaha… itu ya” lalu saya buka hape sambil searching copywriting di google sambil sok tau. “btw, mas wahid seorang penulis?” tanya saya sambil baca-baca copywriting di hape. “iya, saya penulis copy mas, tapi bukan penulis buku” jawab mas wahid.

karena kebetulan saya juga lagi suka nulis-nulis ala blogger profesional. saya pun mulai sedikit bertanya tentang copywriting dengan mas wahid.

“Mas, ngerjain copywiriting gitu kantornya dimana ya?” saya menanyakan tempat kerjanya mas wahid. “Saya ga punya kantor mas, biasanya ya di cafe saja” jawab mas wahid. lalu saya menebak tipe pekerjaan mas wahid “Freelancer ya mas ?” pertanyaan sok tau saya. “Haha.. ya betul, itu mas tau” jawab mas wahid.

akhirnya berbincangan di meja kafe kita lanjut dengan berbagai macam cerita mas wahid tentang menulis copy, singkat cerita mas wahid memberikan ilmu baru kepada saya tentang bagaimana menulis yang  bertujuan untuk menjual sebuah produk atau jasa.

Penulis konten artikel apakah bisa disebut dengan Penulis copy ?

Content Writer Berbeda dengan seorang copywriter, copywriter membuat tulisan yang memang tujuan utamanya adalah agar pembaca atau pasar tertarik untuk membeli sebuah produk atau jasa yang sedang ditulis. sedangkan untuk content writer hanya menulis sebuah konten yang tidak bertujuan menjual, tetapi memberikan pengetahuan terhadap produk, contoh penulis kontent kesehatan mereka menulis tentang konten kesehatan seperti artikel tentang makanan sehat, penulis makanan, biasanya menulis tentang resep makanan.

Bagaimana Menjadi Seorang Copywriter ?

Siapapun bisa menjadi seorang copywriter, pekerjaan ini dasarnya adalah mempunyai keahlian menulis, sejak SD kita diajari menulis sampai mahir. keahlian itulah yang menjadi dasar untuk menjadi seorang copywriter. untuk menjadi seorang copy yang profesional ada beberapa cara efektif yang dapat Anda pelajari untuk menjadi seorang copy. bisa melalui Buku, Video atau mungkin internet.

Bekerja menjadi copywriter bisa saja dijadikan sebagai pekerjaan utama ataupun sampingan, tetapi bagi Anda yang memang menyukai bidang dalam menulis. Anda dapat mengambil kelas-kelas atau training copywriting yang sering di adakan di beberapa toko buku ternama di indonesia. seperti gramedia atau sebuah komunitas penulis online.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: