Manfaatkan Google Drive untuk Backup Data

Bermula sejak saya masih kuliah, tepatnya waktu mengambil mata kuliah skripsi, saya mulai sering berhadapan dengan laptop dan beberapa dokumen penting seperti jurnal-jurnal dan data penelitian yang semuanya tersimpan di laptop.

tidak pernah terpikirkan bahwa data yang saya simpan di laptop bakal bisa hilang, bisa jadi saya kehilangan data secara software maupun hardware, bisa jadi laptop saya hilang dicuri maling, atau data hilang akibat sistem error.

sejak itu saya mengenal adanya teknologi cloud storage, dimana kita bisa menyimpan data kita internet dengan akses otoritas yang dapat dikendalikan dari email. waktu itu saya mengenal sebuah produk dari google yang namanya Google Drive.

Apa itu Google Drive ?

Google Drive adalah solusi penyimpanan data berbasis cloud yang dapat kita gunakan secara gratis apabila kita mendaftar akun gmail. kapasitas 15 GB yang diberikan google menurut saya sudah cukup untuk membackup data ringan seperti dokumen dan presentasi.

Pengalaman Berkesan Menggunakan Google Drive

singkat cerita waktu saya akan mengikuti sidang skripsi, laptop saya mengalami masalah, tidak bisa nyala dan ketika menyala ternyata gagal booting. padahal besok waktunya saya sidang skripsi dengan dokumen yang tersimpan di laptop. tapi untungnya hal ini tidak menjadi masalah bagi saya, sebelumnya saya telah menginstall goog drive di laptop saya untuk sinkronisasi data. dan alhasil ketika saya buka akun di google drive, semua data skripsi saya selamat dan aman dari kehilangan. ke esokan harinya saya bisa mengikuti sidang skripsi dengan bantuan laptop teman. Alhamdulillah.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: